Saturday, 26 November 2016

Cara melayout Halaman di InDesign Cs 6


Menyambung tulisan lalu, tentang cara membuat halaman layout di InDesign Cs 6. Nah, sekarang mari kita lanjutkan. Yaitu bagaimana cara mengisi halaman kosong dengan teks dan gambar. Sekaligus melayout atau mendisain halaman itu agar enak dilihat.

Dan tentunya Anda sudah pula mengenal fungsi Tools di InDesig Cs 6, tulisannya pernah dimuat sebelumnya. Untuk latihan, siapkan sebuah file tulisan teks dari Microsoft Word (sembarang saja boleh). Siapkan juga sebuah foto atau gambar apa saja.   

Untuk memudahkan pencarian. Simpan file teks dan gambar itu ke dalam satu folder (beri nama file: LATIHAN). Jika sudah siap, langsung saja buka sofware InDesign Cs 6. Selanjutnya anggap saja sebuah halaman di InDesign sudah tersedia seperti pada gambar di bawah. Ikuti langkah berikut ini:

Cara mengambil file teks dan gambar
1. Arahkan panah atau kursor ke atas menu, klik file. Terus sorot ke bawah cari tulisan Place (ctrl+D) (lihat gambar-1). Maka akan muncul dialog box, seperti pada gambar-2. Silakan cari file naskah dan gambar yang sudah disiapkan tadi.

gambar-1

gambar-2 

2. Kemudian geser panah ke dialog box, di gambar-2 tadi. Cari file teks dan klik. Maka akan muncul tanda panah berisi teks (lihat gambar-3). Selanjutnya drag kursor ke lajur kolom dan langsung tarik ke ujung batas areal kerja halaman. Agar ketika mengubah huruf bisa leluasa, seperi terlihat pada gambar-4.


gambar-3
gambar-4


3. Lalu bagaimana cara mengambil gambar/foto? Sama saja seperti cara mengambil teks. Tinggal pilih file gambar, lalu klik. Hasilnya lihat pada gambar-5 di bawah ini. Setelah teks dan gambar tersedia, maka siap untuk diolah.




gambar-5 

4. Langkah berikutnya, cara mengubah kolom teks. Dari satu kolom menjadi 3 kolom. Perhatikan lingkaran warna merah di gambar-6. Terdapat angka 3, adalah menunjukkan jumlah kolom. Sedangkan angka 5 untuk jarak antar kolom. Angka-angka itu dapat diubah sesuai kebutuhan.


gambar-6

5. Jika melihat di gambar-6 di atas. Teks itu tertutup oleh gambar, maka harus dipisahkan. Caranya, arahkan tulisan Text Wrap. Lihat lingkaran merah di gambar-7 di bawah ini. Text Wrap, berfungsi untuk memisahkan antara teks dan gambar. Besaran jarak dapat disesuaikan kebutuhan disain.


gambar-7 

6. Berikutnya, ubah ukuran huruf judul dan tauching-nya disesuaikan dengan kebutuhan. Maka akan terlihat seperti pada gambar-8, sebuah contoh layout halaman majalah sederhana.


gambar-8 

Sampai di sini dulu tulisan singkat ini. Mudah-mudahan dapat dimengerti dan dipahami, selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment