Sunday 16 October 2016

Mengenal Pohon Jarak dan Manfaatnya

Masyarakat Indonesia pada umumnya sudah mengenal pohon jarak (Ricinus communis). Yaitu sejenis tanaman perdu. Merupakan spesies tanaman dari Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genus Ricinus, subtribe Ricininae.

Ada bebera jenis kandungan yang biasa ditemukan pada pohon jarak yaitu; Quercetin, Kaaemperol, Nocotiflorin, Astragalin. Pohon jarak mengandung juga zat ricin, sejenis racun mematikan. Mempunyai rasa pahit, astrigent, sejuk. Kaya akan asam lemak hidroksi, yaitu asam ricinoleat. Mempunyai kekentalan yang stabil sangat baik untuk campuran pelumas.

Penyebutan nama pohon jarak di beberapa daerah berbeda. Misalnya di Jawa Barat di sebut Kaliki, Jarak jitun. Di Madura dikenal dengan nama Kalek. Di Sumatra menyebutnya Dulang dan Gloah atau Nawaih nawas. Orang Sulawesi menyebut, Kalalei, Alale, Tangang jara, Peleng kaliki jera. Sedangkan di Timor disebut Paku penuai, dan Balacai tamekot di Halmahera. Serta, Tetanga di Bima, Lulu nau di Nusa Tenggara, dan Muun mav di Maluku.

Pada zaman penjajahan konon pohon jarak sudah menjadi rebutan. Sebagai komoditi untuk bahan bakar dan pelumas. Bahkan di beberapa negara pohon ini sudah dikembangkan. Misalnya di India sudah diadopsi sebagai bahan bakar untuk kereta api. Sebagai energi alternatif terbarukan.


Pohon ini biasanya ditanam sebagai pagar pekarangan rumah. Banyak tumbuh di daerah pesisir pantai. Pohon jarak merupakan tumbuhan yang berasal dari kawasan tropis dan subtropis, dan tumbuh subur di kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Afrika, dan di Asia.

Pohon jarak tingginya berkisar 4-5 meter. Memiliki batang berbentuk bulat. Daun batang tunggal, berseling berbentuk bulat. Ujungnya runcing, berwarna hijau. Buahnya bulat berkumpul dalam satu tandan. Buah muda warnanya hijau muda. Sedangkan buah yang sudah tua hijau tua agak kehitaman.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari pohon jarak atau Ma feng shu, nama China-nya. Kandungan senyawa yang terdapat pada pohon jarak bisa dijadikan herbal. Sebagai obat bagi kesehatan. Misalnya untuk mengobati; Gigi berlubang, mengobati radang telinga, mengobati sariawan, mengobati sakit perut, Susah buang air besar (Constipation) dan lain-lain.

Maka dengan demikian jangan sepelekan pohon yang satu ini. Ternyata tidak hanya sekedar buat pagar pembatas saja. Ternyata pohon jarak mempunyai banyak manfaatnya juga.

0 komentar:

Post a Comment