Wednesday 3 September 2014

Hari Kartini di Gunung Gede

Untuk menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas kesibukan sehari-hari. Berapa waktu lalu kami sesama pencinta alam melakukan pendakian ke Gunung Gede. Tercatat 41 peserta dari Jabotabek ikut serta. Pilihan kami Gunung Gede, sebab gunung tersebut ketika itu tidak dalam status bahaya. Lokasinya tidak jauh dari ibukota. Tepatnya berada di antara tiga kota kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi.

Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, kami mengikutkan ranger untuk mendampingi selama pendakian. Mengingat di antara peserta terdapat  beberapa pendaki pemula. Bahkan ada yang belum pernah naik gunung sama sekali.

Gunung Gede berada di ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut (dpl), luas lahan 21.975 hektar. Merupakan Taman Nasional, begitu juga dengan kawasan hutan Gunung Halimun-Salak. sekaligus sebagai salah satu objek wisata.Suhu rata-rata 18 °c. Apabila malam hari berkisar 10 °c. Sedangkan di puncak gunung bisa mencapai 5 °c. Gunung Gede kaya ekosistem. Dipenuhi anekaragam tumbuhan langka dan endemic. Juga dihuni oleh satwa langka dilindungi, seperti Owa dan Elang Jawa.

Di sepanjang jalur pendakian banyak tempat menarik. Di antaranya Tenaga Biru, luasnya sekitar 5 hektar. Jaraknya dari pintu masuk Cibodas sekitar 1,5 km. Ada juga air terjun Cibeureum, yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter, jaraknya 2,8 km. Dan ada Air Panas, terletak sekitar 5,3 km atau dua jam perjalanan dari Cibodas

Pukul 2.00 WIB dini hari rombongan tiba di Cibodas. Disambut pemandangan dua gunung berdiri angkuh berselimut kabut seolah menantang para pendaki. Hawa dingin mulai menusuk pori-pori kulit. Di sekeliling tampak warung-warung makan dan toko cendera mata.  Areal parkir sekitar seluas dua kali lapangan sepak bola itu sudah ramai oleh para pecinta alam. Beruntung  teman kami kenal baik dengan salah satu pemilik warung. Sehingga kami pun bisa numpang tidur dan istirahat melepas lelah dan rasa ngantuk.
Kira-kira pukul 5.00 WIB pagi, kami berkumpul untuk mendapatkan brifing. Dilanjutkan berdoa bersama. Mengawali pendakian dari Pos Jaga Cibodas. Para pecinta alam begitu percaya diri. Penuh semangat mengayunkan langkah. Menapakan kaki di atas kerasnya batu-batu jalur pendakian.

Tiba di jalur Air Panas kami menyempatkan istirahat. Jalur ini sangat sempit, berjalan harus hati-hati. Sebelah kanan jurang terjal. Pijakan kaki harus tepat di atas batu-batu yang timbul di permukaan aliran air. Tangan harus kuat memegang tambang plastik  dan kawat baja. Sebab dari bawah jurang tiupan angin sangat kencang berputar.  Membawa kabut asap kadang menunupi pandangan.

Target awal, kami berkemah di Kandang Batu. Ternyata lokasi ini ramai oleh banyaknya kehadiran para pendaki. Areal perkemahan ini sudah dipenuhi puluhan tenda. Hampir tidak menyisakan tempat kosong untuk mendirikan tenda lagi. Padahal kalau melihat jumlah rombongan kami memerlukan banyak tenda, tetapi ketika itu tidak memungkinkan.

Hari semakin sore, matahari mulai tenggelam. Langit pun mulai menghitam, pertanda hujan akan segera turun.  Bersyukur dekat kali kecil kami menemukan lokasi sempit. Lumayan  dua tenda darurat bisa berdiri untuk sekadar istirahat terutama untuk para wanita. Sedangkan satu tenda untuk menyimpan barang dan dapur umum.

Belum lama tenda berdiri. Masak belum kelar. Tiba-tiba hujan turun disertai tiupan angin. Sebagian berusaha memegang tenda agar tetap berdiri. Apa daya tiupan angin sangat kencang. Satu  tenda untuk menyimpan barang dan dapur umum roboh.  Kami pun sibuk menyelamatkan barang-barang dan makanan. Tubuh kami semua basah kuyup. Padahal sudah berusaha memakai jas hujan.

Hari semakin gelap.  Hujan belum juga reda, kabut pun mulai muncul. Para peserta merasakan lapar, lelah dan kedinginan membuat fisik kami menurun.Melihat kondisi demikian. Lando (ranger, ketua rombongan) dan Syarif Maulana (korlap) mengumpulkan peserta. Mencari solusi terbaik. Serba dilematis antara melanjutkan pendakian atau kembali pulang. Pilihan sama sulitnya. Perjalanan kami sudah sangat jauh. Akhirnya kami sepakat meneruskan pendakian. Lando dan Syarif pun mengingatkan para peserta untuk tetap menjaga kekompakan.

Mengingat medan pendakian akan semakin berat. keadaan di atas gunung suhu udara  malam semakin ekstrim. Disarankan kami mengenakan pakaian atau jaket rangkap. Tidak lupa kami wajib menggunakan alat penerang headlamp, terpasang di kepala. Kami pun makan bergantian seadanya sambil berdiri di atas genangan air.

Selesai berdoa bersama kami melanjutkan perjalanan. Binatang malam mulai terdengar bersahutan disertai guyuran hujan. Pendakian semakin menanjak. Kaki semakin berat untuk digerakan. Di jalanan sempit rombongan kami terlihat panjang mengular. Tiba-tiba terdengar  teriakan dari atas. “Tahan!”. Salah seorang  pendaki harus mendapat suplai oksigen. “Oksigen bawa ke sini,” teriaknya lagi.
Setelah cukup aman, perjalanan kembali dilanjutkan. Tetapi baru beberapa menit terdengar teriakan lagi dari bawah. “Tahan!.” Rupanya teman kami di bawah ada yang terserang kram kaki. Serentak rombongan kami berhenti. Di perjalan malam itu pun kami beberapa kali bertemu pendaki lain yang terpaksa harus digendong turun.

Sekitar pukul 23.00 WIB rombonan tiba di perkemahan Kandang  Badak. Ternyata  tempat itu juga sudah dipenuhi tenda sampai ke lereng-lereng gunung. Karena sulitnya mendapatkan lokasi untuk mendirikan tenda, terpaksa sebagian peserta numpang tidur di emperan tenda warung penduduk.
Berbeda dengan teman saya, Agus dan Sanuddin. Dengan memakai jas hujan, terpaksa harus istirahat tiduran menyender di batang pohontumbang. Begitu juga Reza Gaston, Anggit, dan Mumu. Nasibnya tidak lebih baik, harus tidur di jalan berbatu beralaskan tas keril. Sedangkan Adam, Ipin dan Ofik berhasil mendirikan tenda kecil di lereng dengan tanah bergelombang.

Pagi hari perjalanan dilanjutkan. Pendakian semakin berat. Banyak rintangan batuan serta akar melintang.  Mendekati puncak pemandangan semakin menarik. Pohon-pohon tropis tumbuh subur.  Daun-daun hijau kemerahan lebat menebar teduh para pendaki.  Sambil berseda gurau kami saling memberi semangat.

Tiba di jalur “setan” begitu para pendaki menyebut. Para pendaki harus berjalan berayap di atas tebing batuan curam. Kira-kira setinggi 40 meter dengan kemiringan sekitar 70 derajat. Jalur ini dianggap angker. Tak heran sebagian dari kami ada yang tidak berani melewati jalur ini. Dan terpaksa harus mencari jalan lain agak memutar.

Di sini kami sedikit agak kecewa melihat ada sampah botol plastik berserakan di dasar jurang yang sulit dijangkau. Kemungkinan dibuang sembarangan oleh oknum pendaki yang tidak bertanggung jawab.

Pukul 14 WIB siang kami tiba di puncak dekat kawah. Terlihat lereng dinding batuan terjal kawah aktif (terakhir meletus pada 1957), mengeluarkan asap putih dan bau belerang. Karena lokasinya bagus dan dirasa aman kami pun istirahat dan makan lesehan bersama di tempat tersebut.

Jelang sore rombongan berhasil menginjakkan kaki di puncak sejati Gunung Gede (puncak utama). Penuh haru dan gembira. Kami saling berjabat tangan. Karena telah berhasil mengalahkan rasa cape, lelah dan lapar dan menahan hawa dingin. Tidak lupa kami pun berfoto bersama mengabadian momen bahagia ini. Dari tempat ini pula kami dapat melihat keindahan ciptaan Ilahi. Pemandangan indah kawasan Gunung Gede-Pangrango. Dan keindahan lembah Suryakencana.

Siang akan berganti malam. Sang surya pun mulai tenggelam. Ketika itu cuaca di puncak Gunung Gede selalu berubah. Kadang puncak tertutup kabut. Kadangkala hawa panas dan dingin. Disertai tiupan angin dari lembah. Sebuah pengalaman berharga yang memacu adrenalin. Setelah menikmati puncak Gunung Gede rombongan kami turun menuju lembah alun-alun Suryakencana. Lokasinya berada di antara lembah Gunung Gede dan Gunung Putri.

Disambut kemeriahan ribuan pendaki dan kelap kelip lampu tenda kami tiba di alun-alun Suryakencana. Tetapi belum lama tiba di Suryakenca hujan turun kembali. Dengan sigap para peserta bergotong royong mendirikan tenda di tengah guyuran hujan. Akhirnya delapan tenda berdiri. Melihat kondisi cuaca buruk. Selain itu ada teman yang sakit. Maka malam itu kami putuskan menginap di lembah Suryakencana.
Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km dari Cibodas. Dataran seluas 50 hektar  itu sebagian ditutupi hamparan pohon bunga edelweiss warna putih. Lembah alun-alun Suryakencana itu terlihat begitu indah.

Pagi-pagi kami dibangunkan teriakan pedagang nasi keliling. Rupanya ada penduduk di sekitar gunung mencoba mengais rezeki berjualan memanfaatkan ramainya kehadiran ribuan para pendaki. Padahal jarak lembah Suryakencana dengan perkampungan sangat jauh. Sebagian  para peserta sarapan pagi termasuk saya sendiri. Sayang  satu bungkus wuduk seharga Rp10.000,- dan 1 bawan Rp2000,-, rasanya dingin sekali.  Apa boleh buat perut terasa lapar. Sedikit demi sedikit perut bisa terisi makan.

Sekitar pukul 7.00 WIB, tiba-tiba dari seberang lembah terdengar nyanyian lagu Indonesia Raya berkumandang. Rupanya sekelompok pemuda pecinta alam  sedang memperingati hari Kartini, sambil membentangkan bendara merah putih berukuran besar.

Serentak, tanpa dikomando seluruh penghuni tenda keluar meninggalkan aktivitasnya. Termasuk rombongan dari kami semua berdiri mengikuti lagu kebangsaan. Lagu Indonesia Raya pun bergema di lembah alun-alun Suryakencana. Terasa haru, sebuah rasa nasionalisme yang patut ditiru oleh semua penduduk negeri ini.

Sekitar pukul 8.00 WIB rombongan kami pulang, meninggalkan keindahan hamparan putih pohon Edelwis. Ternyata perjalanan pulang sama beratnya. Turunan terjal bukit Gunung Putri di bawah guyuran hujan harus kami lewati. Bahkan ada beberapa teman kami harus jatuh bangun karena jalanan menurun dan licin, sehingga harus ekstra hati-hati.

Tiba di pos jaga Gunung Putri kami melapor. Sekaligus menyetorkan empat karung sampah bawaan. Ini komitmen kami turut menjaga kelestarian lingkungan. Sebuah perjalan panjang yang menguras tenaga, mulai dari jalur pendakian Cibodas sampai Gunung Putri. Kami bersyukur, dan  dengan senang hati kami pun bisa kembali ke rumah masing-masing dengan selamat.

1. Bagus kang foto2nya, posting juga kang yang ke Semerunya....

2. Masya Allah... Bagus Kang dan menginspirasi buat naik gunung... Siap2 diet dan olahraga dulu ini =)